home Entertainment, News, Politics, Teknologi dan Informasi Akan Terjadi Pandemi lagi? Inilah fakta seputar Virus G4!

Akan Terjadi Pandemi lagi? Inilah fakta seputar Virus G4!

Ratusan Babi di Bali Mati Karena "Penyakit Baru Yang Ganas ...

dimasa pandemi covid 19 sekarang banyak sekali pengaruh yang terjadi pada dunia termasuk indonesia, masa dari itu kita dituntut untuk sabar dalam menghadapi hal ini terlebih ketika anjuran dirumah saja. Namun sudah tiga bulan masa pandemi covid 19, ditemukan sebuah virus baru bernama G4 Di china.

Apa itu virus G4?

Dilansir AFP, virus yang dinamai G4 ini secara genetik adalah turunan dari strain H1N1 yang menyebabkan pandemi pada 2009. Virus tersebut disebutkan dapat tumbuh dan berkembang baik di sel-sel yang melapisi saluran udara manusia. Peneliti menemukan bukti infeksi baru-baru ini mulai pada orang yang bekerja di rumah potong hewan (RPH) dan industri babi di China.

Tempat ditemukannya Virus G4

Flu babi baru bernama G4 EA H1N1 (disingkat G4) baru saja diidentifikasikan oleh para ilmuwan di China dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Sudah menginfeksi manusia

Virus G4 sudah menginfeksi manusia di China. Di Provinsi Hebei dan Shandong, di mana kedua tempat tersebut memiliki babi dalam jumlah yang banyak, ditemukan bahwa lebih dari 10 persen pekerja peternakan babi dan sebanyak  4,4 persen dari populasi China secara umum ternyata sudah terinfeksi flu babi jenis baru tersebut. 

baca Juga: Dexamethasone vaksin corona? Inilah Fakta Yang Sebenarnya!

apakah berpotensi menjadi pandemi baru?

belum ada bukti bahwa virus G4 dapat menular dari manusia ke manusia. Meskipun virus tersebut dapat menginfeksi manusia, tetapi pada kebanyakan kasus, virus G4 tidak menular antar manusia. Dari dua kasus infeksi G4 yang sudah pernah didokumentasikan sebelumnya, kedua infeksi tersebut tidak menular ke manusia lain. 

Karena itu, Ahli Biologi Evolusi dari US National Institutes of Health’s Fogarty International Center, Martha Nelson, menganggap potensi virus ini untuk menular antar manusia cukup rendah. Namun, menurut Robert Webster, seorang peneliti influenza, sampai saat ini masih belum diketahui apakah virus ini nantinya dapat bermutasi dan dapat bertransmisi antar manusia.

baca Juga; Rekomendasi Hp Gaming 1 Jutaan Game Berat Dilibas Habis!

kesimpulan

dapat kita simpulkan di atas bahwa virus G4 bisa menginfeksi manusia namun belum dibuktikan bisa menular dari manusia ke manusia, meski begitu kita harus tetap lebih waspada dan menjaga kesehatan, karena kesehatan itu mahal.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar dibawah yah.

ikuti media sosial kamu DI INSTAGRAM YOUTUBE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *